Selasa, 22 Februari 2011

Ms Word all

1. Standar Toolbar
Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh.

Standar toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada standard toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut : 
1. New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru 
2. Open, Untuk membuka berkas dokumen 
3. Save, Untuk menyimpan berkas dokumen
4. E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail 
5. Print, Untuk mencetak berkas dokumen 
6. Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak 
7. Spelling and Grammar, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
8. Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
9. Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard 
10. Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
11. Format Printer, Untuk menyalin format objek atau teks
12. Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir 
13. Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir
14. Insert Hyperlink, Menyisipkan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain. 
15. Tables dan Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar table-border
16. Insert Table, Untuk menyisipkan tabel 
17. Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel 
18. Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom Koran
19. Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing
20. Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
21. Show / Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi. 
22. Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan kerja 
23. Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara

2. Formatting Toolbar 
Formatting Toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif. 

Formatting toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada Formatting toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut : 
1. Style, Untuk memilih gaya pada paragraph
2. Font, Untuk menentukan jenis huruf
3. Font Size, untuk menentukan ukuran huruf 
4. Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal 
5. Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring
6. Underline, Untuk membuat garis bawah 
7. Align Left, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center
8. Center, Untuk membuat teks atau paragraph pada posisi center 
9. Align Right, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan 
10. Justify, Untuk membuat teks atau paragraph rata kanan 
11. Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraph 
12. Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraph 
13. Decrease Indent, Untuk menggeser left indent kearah kiri 
14. Increase Indent, Untuk menggeser left indent kearah kanan
15. Outside Border, Untuk menampilkan / menyembunyikan batas garis
16. Highlight (Teal), untuk membuat penandaan pada teks 
17. Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf 
3. Drawing Toolbar 
Drawing Toolbar berisi fasilitas serta perintah yang berhubungan dengan gambar atau objek. 

Drawing toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada drawing toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut : 
1. Draw, Merupakan pulldown menu yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan gambar atau objek 
2. Select Objects, Pointer untuk melakukan proses selecting / selecting objek gambar 
3. Free Rotate, Untuk menentukan ukuran huruf
4. Auto Shapes, Pulldown menu yang berisi galeri bentuk-bentuk objek instant yang dapat dipilih secara otomatis
5. Line, Untuk membuat garis lurus secara vertical, horizontal maupun diagonal
6. Arrow, Untuk membuat garis lurus dengan mata panah pada bagian ujungnya 
7. Rectangle, Untuk membuat objek kotak (persegei atau bujur sangkar) 
8. Oval, Untuk membuat objek oval atau lingkar 
9. Text Box, Untuk membuat kotak yang dapat diisi teks didalamnya
10. Insert Word Art, Untuk menyisipkan Word Art
11. Insert Clip Art, Untuk menyisipkan Clip Art
12. Fill Color, Untuk mengisi warna pada objek bidang 
13. Line Color, Untuk memberi warna pada garis
14. Line Style, Untuk membuat pengaturan model garis
15. Dash Style, Untuk membuat pengaturan model garis putus-putus
16. Arrow Style, Untuk membuat pengaturan model mata panah
17. Shadow, Untuk menampilkan efek bayangan pada objek 
18. 3 – D, Untuk menampilkan efek 3 Dimensi pada objek 
4. Lembar Kerja Microsoft Word 

1. Menu File 

Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut : 
Sub Menu 
Fungsi 
1. New, Membuat Dokumen baru
2. Open, Membuka file dari peranti / media penyimpan 
3. Close, Menutup jendela dokumen aktif 
4. Save, Menyimpan dokumen yang masih aktif 
5. Save As, Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan 
6. Save As, Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web
7. Web Page
8. Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak
9. Preview 
10. Page Setup, Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak
11. Print Preview, Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer
12. Print, Mencetak dokumen
13. Send To, Mengirim dokumen
14. Properties, Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif 
15. Exit, Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen 
2. Menu Edit 


Menu yang berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut : 
Submenu
Fungsi
1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo
3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data
4. Copi, Menyalin data
5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut 
6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen
7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
9. Find, Mencari data pada dokumen
10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote
12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll)
3. Menu View 

Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Normal menampilkan dokumen dalam status normal
2. Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web
3. Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak
4. Outline menampilkan struktur dokumen
5. Toolbar memunculkan toolbar words
6. Ruler memunculkan mistar dokumen
7. Dokumen map memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
8. Header dan Footer membuat header dan footer sebagai efek cetakan
9. Comments menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen
10. Footnotes menampilkan cetakan kaki dokumen
11. Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh
12. Zoom mengubah ukuran penampilan dokumen words
4. Menu Insert 

Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi 
1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word
2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman
3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu
4. Autotext, menyisipkan text tertentu 
5. Field, menyisipkan field 
6. Symbol, menyisipkan symbol 
7. Comments, memberikan komentar lembar kerja 
8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen 
9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table 
10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang 
11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar 
12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart
13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks 
14. File, menyisipkan file dokumen 
15. Object, menyisipkan objek 
16. Bookmark, menyisipkan bookmark 
17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan
5. Menu Format 

Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenus sebagai berikut : 
Submenu 
Fungsi 
1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen 
2. Paragraph, mengatur paragraph 
3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item
4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen 
6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen 
7. Changecase, mengubah huruf capital 
8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen 
9. Theme, mengganti style dokumen 
10. Frames, mengatur frames 
11. Autoformat, mengatur secara otomatis 
12. Style, mengatur style paragraph
6. Menu Tools
Menu yang berhubungan dengan operasi file terhadap dokumen dengan submenu sebagai berikut : 
Submenu 
Fungsi 
1. Spelling and Grammar, memeriksa ejaan pada kata dokumen
2. Language , mengatur penggunaan bahasa 
3. Wordcount, penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
4. Autocorrect, untuk menggabungkan dokumen 
5. Trackchanges,melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer 
6. Protect Document, mengamankan atau memproteksi dokumen online 
7. Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion
8. Mailmerge, menggunakan fasilitas mailmerge 
9. Envelope and Lables , pembuatan surat dan label 
10. Letter Wizzards, membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word
11. Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro 
12. Templates and Add Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word 
13. Costumade Menta Toolbars, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna 
14. Options, pilihan dalam pengaturan 
7. Menu Table 

Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut : 
Submenu 
Fungsi 
1. Drawtable, membuat table dengan menggambar 
2. Insert, menyisipkan table 
3. Delete, menghapus data 
4. Mergecells, menggabungkan sel-sel dalam table 
5. Splitcels, memisahkan sel-sel dalam table 
6. Convert, mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya 
7. Sort, mengurutkan data dalam table 
8. Table Property, menampilkan rangkuman dalam table 
8. Menu Window 

Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan submenu sebagai berikut : 
Submenu 
Fungsi 
1. New Windows, memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru
2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen 
3. Split, membagi dokumen menjadi beberapa bagian 
9. Menu Help 

Menu yang berhubungan dengan fasilitas bantuan dari word dengan submenu sebagai berikut : 
Submenu 
Fungsi 
1. Microsoftword Help, menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help 
2. What’this ? memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars
3. Office on the web, koneksi internet pada situs office pada Web 
4. Detect and Repair, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word 
5. About Microsoft, melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar